6 Makanan Khas Imlek Beserta Kandungan Nutrisi dan Kalori Di Dalamnya

Sebentar lagi masyarakat Tionghoa di dunia akan merayakan Imlek, tak terkecuali warga Tionghoa di Indonesia.

Ada banyak kegiatan yang dilakukan oleh warga Tionghoa saat merayakan Imlek, salah satunya berkumpul bersama keluarga sambil menyantap makanan khas Imlek.

Berbicara makanan khas Imlek, dalam kesempatan kali ini akan coba membahas tentang 6 makanan khas Imlek besrta kandungan nutrisi dan kalori di dalamnya.

  1. Kue Semprong

 

Kue semprong merupakan makanan khas Imlek populer yang disukai banyak orang. Makanan yang terbuat dari santan, telur, dan gula ini memiliki rasa yang gurih sehingga bisa membuat ketagihan orang mencicipinya.

 

Kandungan kalori makanan khas Imlek yang satu ini cukup tinggi. Makan dua potong semprong saja bisa menyumbang sekitar 112 kalori di tubuh.

 

Jadi, untuk anda yang sedang proses menurunkan berat badan, hindari menyantap kue semprong pada hari Imlek.

 

  1. Kue Bulan

 

Dengan rasanya yang manis dan teksturnya yang renyah sehingga membuat makanan khas Imlek yang satu disukai semua orang.

 

Namun kue bulan memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Pada 50 gram kue bulan mengandung sekitar 214 kalori.

 

Walaupun memiliki kandungn kalori dan lemak cukup tinggi, kue bulan ini juga menyediakan sedikit protein dan serat, terutama dari isiannya seperti telur asin dan kacang.

 

  1. Onde-Onde

 

Onde-onde termasuk jajanan pasar yang bisa anda temui kapanpun tanpa tergantung perayaan Imlek. Adapun kandungan kalori makanan khas Imlek ini sekitar 336 per 100 gramnya.

 

Meskipun bentuknya yang kecil dan bulat, pemakaian gula dan minyak membuat konsumsi onde-onde peri dibatasi, terutama jika anda sedang menjalankan program penurunan berat badan.

 

  1. Nastar

 

Selain Hari Lebaran, kue nastar juga merupakan salah satu makanan pavorit saat perayaan Imlek. Teksturnya yang legit bisa membuat anda ketagihan untuk terus menikmatinya hingga berkeping-keping.

 

Padahal, dua keeping kue nastar terdiri atas 165 kalori, 8 gram lemak, dan 12 gram gula. Jadi, cukup besar kandungan kalorinya, terutama jika anda makan lebih dari empat keping.

 

  1. Kue Sagu

 

Kue sagu atau kue bangkit terbuat dari bahan tepung tapioka, sagu, gula, dan santan. Selain Imlek, kue yang satu ini juga populer saat perayaan Lebaran, Natal, dan hari raya lainnya.

 

Dua potong kue sagu mengandung 50 kalori, 14 gram lemak, dan 2 gram gula. Jika ditambah dengan keju, kalori pada makanan ini bisa menjadi lebih besar. \

 

  1. Siu Mie

 

Dalam bahasa Mandarin, makanan khas Imlek ini dikenal sebagai changshou mian yang artinya mi panjang umur.

 

Sesuai dengan namanya, mi yang satu ini memang ukurannya lebih panjang dari mi pada umumnya. Siu mie sering diolah dengan cara direbus atau digoreng.

 

Dalam 110 gram siu mie mengandung 300 kalori. Selain itu, ada juga 7 kandungan nutrisi yang terdapat dalam sajian siu mie. Yang pertama karbohidrat, dalam 110 gram siu mie mengandung 62 gram jumlah karbohidrat. Yang kedua, 10 gram protein dalam 110 gram siu mie. Yang ketiga, ada 2 gram lemak dalam 110 gram siu mie. Keempat, ada 1 gram serat dalam 110 gram siu mie. Kelima, ada 350 mg sodium dalam 110 gram siu mie, Yang keenam, ada 55 mg kolesterol dalam 119 gram siu mie. Yang ketujud, terdapat 25% kandungan zet besi dalam 110 gram siu mie.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *